Indahnya dalam Menebar Kebaikan Berbagi | Bersama Komunitas SiJum Indonesia

Indahnya dalam Menebar Kebaikan Berbagi Bersama Komunitas SiJum Indonsia
Indahnya dalam Menebar Kebaikan Berbagi | Bersama Komunitas SiJum Indonesia
Pict. Logo Resmi SiJum

Assalamu'alaikum Sahabat.
Menebar Kebaikan Berbagi - Mohon ijin penulis memperkenalkan diri, Nama AL Faqir adalah Adiyanto, Seorang Guru Honorer yang mengajar di salah satu sekolah dasar swasta yang ada di Kabupaten Indramayu. Selain mengajar, Saya juga salah satu Relawan Sebuah komunitas yang sangat suka sekali menebar kebaikan bagi sesama yang sedang membutuhkan. Komunitas yang saya ikuti tersebut bernama SiJum. Yah, SiJum (Nasi Jum'at) terdengar unik, namun syarat akan makna kebahagiaan yang dalam.

Berawal dari hasil kesepakatan  ikhtiar keluarga untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi Ustadz Andre Raditya yang merupakan Pendiri Komunitas SiJum ini, dari keinginan beliau mencari satu amalan yang gampang dan konsisten selain Zakat yang memang hukumnya wajib, dan juga seperti menebar Kebaikan Berbagi bersama. 

Singkat cerita, akhirnya beliau menemukan cara yang indah untuk Menebar Kebaikan Berbagi tersebut. Yah, berawal berbagi Nasi di setiap hari Jum'at, hanya di lingkungan masjid sekitar tempat tinggal beliau. Kenapa beliau lebih memilih Menebar Kebaikan Berbagi lewat Sebuah Nasi, di hari Jum'at? dan Kenapa harus di masjid?

Jawaban indah dari beliaulah yang membuat hati kami tergerak. Kenapa harus Nasi? Nasi adalah makanan pokok bagi sebagian besar Penduduk Indonesia ini. Dengan memakan nasi, tubuh akan mendapatkan asupan energinya, sehingga bisa menjalankan aktifitasnya dengan baik.

Kenapa di hari jum'at? Karena bagi kami umat islam, bersedekah dan menebar kebaikan di hari jum'at adalah sangat dianjurkan dan sangat diutamakan karena keberkahannya di hari tersebut.

Kenapa di masjid? Ustadz berpendapat, Insya Allah ikhwan yang datang ke masjid, di hari jum'at tidak lain dan tidak bukan hanya untuk menunaikan kewajibannya sebagai seorang muslim laki-laki yakni untuk Sholat Jum'at Berjama'ah.

"Coba Kita renungkan sejenak, jika sedekah Nasi tersebut dimakan oleh semua ikhwan fillah yang sudah menyelesaikan ibadah sholat jum'at berjamaah, masuk kedalam perutnya menjadikannya tenaga untuk beraktivitas seperti mencari nafkah, mengajar, dan perbuatan baik lainnya?! Masya Allah. Tak terbayangkan betapa sangat indahnya amal ibadah yang satu ini. Bersedekah di hari yang utama, ditempat yang paling Allah dan Rasulullah Cintai (Masjid), dan dimakan oleh ikhwan fillah yang sebelumnya sudah menyelesaikan ibadah sholat Jum'at Berjamaah dan menjadikannya daging dan darah yang kemudian dari itu digunakan untuk beribadah lainnya, maka sangat indahlah Menebar Kebaikan Berbagi ini." Jawaban Ustadz Andre.

Dari kebiasaan yang indah ustadz Andre tersebut, kini menebar pula kebaikan berbagi Nasi Jum'at tersebut menyeluruh kepelosok negeri tercinta ini, bahkan sampai ke negara tetangga seperti Timor Leste. Saya adalah salah satu relawan yang tergabung dalam komunitas SiJum Indramayu Jawa Barat.

#Menebar Kebaikan Berbagi | Bersama Komunitas SiJum Indonesia
Indahnya dalam Menebar Kebaikan Berbagi | Bersama Komunitas SiJum Indonesia
Indahnya dalam Menebar Kebaikan Berbagi | Bersama Komunitas SiJum Indonesia
Dokumen Kegiatan SiJum Indramayu
Gambar diatas adalah contoh Kegiatan SiJum Indramayu selama beberapa pekan terakhir. Alhamdulillah, SiJum Indramayu sudah setahun lebih, istiqomah menebar sedekah nasi pada beberapa kecamatan di Indramayu. Tepatnya berawal pada tanggal 5 Februari 2019, resmi memakai nama komunitas Sedekah Nasi Jumat "Si Jum" Indramayu, yang awalnya bernama "Simah" Sedekah Nasi Jumah Berkah. Kali ini penulis ingin berbagi momen kebahagiaan disetiap hari jumat, seperti itulah yang dilakukan oleh Sahabat Komunitas Nasi Jum'at (SiJum) di seluruh Pelosok Nusantara tercinta, termasuk Komunitas Kami SiJum Indramayu. Seperti biasa, dihari Jum'at nan agung, Sijum berbagi makanan gratis untuk jamaah sholat jum'at di sekitaran masing-masing DAOPnya (Daerah Operasinya).

Berbagi makanan, bisa membuat hati orang lain menjadi senang, bahkan ada yang merasa terharu bahagia. Apalagi sedekah di hari mulia (Jum'at), di tempat yg mulia (Masjid), pada orang yg tepat (Jama'ah Sholat Jum'at). Tentu akan meningkatkan efek sedekah itu sendiri.

Alhamdulillah, dengan mengeshare foto setiap kegiatan yang dilakukan SiJum ke berbagai media sosial seperti facebook, dan instagram, ternyata disambut positif oleh para netizen. Banyak yang bertanya kepada kami dan pada akhirnya bergabung dengan SiJum, dan ada juga yang kopi paste kegiatan kami. Dana untuk penyelenggaraan berbagi nasi, kami peroleh dari para donatur tetap, beberapa kenalan, dan berjualan beberapa produk SiJum atau barang preloved.

#Indahnya dalam Menebar Kebaikan Berbagi | Bersama Komunitas SiJum Indonesia
Indahnya dalam Menebar Kebaikan Berbagi | Bersama Komunitas SiJum Indonesia
Indahnya dalam Menebar Kebaikan Berbagi | Bersama Komunitas SiJum Indonesia
Dokumen Kegiatan Bazar SiJum Indramayu
Walaupun saat ini negeri kita sedang mendapat cobaan hadirnya virus Covid-19, dimana pemberlakuan social distancing "hampir" menutup celah SiJum untuk berbagi nasi, Komunitas kami ini tidak patah semangat. Dana dari para donatur yang biasanya untuk penyediaan nasi Jumat, kami alihkan Kebaikan Berbagi ke pengadaan APD berupa masker untuk yatim dan dhuafa. Selain itu, kami juga membagikan  APD kepada Tenaga medis berupa baju safety, sarung tangan karet,  masker, dan Hand Sanitizer. Beberapa Puskesmas yang menerima APD dari SiJum antara lain Puskesmas kecamatan Kandanghaur, Losarang, Bongas, dan Gabuswetan.

#Menebar Kebaikan Berbagi | Bersama Komunitas SiJum Indonesia | Untuk Kemanusiaan


Indahnya dalam Menebar Kebaikan Berbagi | Bersama Komunitas SiJum Indonesia
Indahnya dalam Menebar Kebaikan Berbagi | Bersama Komunitas SiJum Indonesia
Dokumen Kegiatan SiJum Indramayu Untuk Indonesia Tercinta

Kawan-kawan RELASI (Relawan SiJum Indonesia), camkan nasihat ini baik-baik dalam hati !

Banyak kebaikan yang akhirnya menjadi jalan kejahatan. Banyak niat mulia yang berujung menjadi tipu daya. Awal mula ingin bermanfaat untuk sesama. Namun akhirnya jadi ingin yang paling mulia di antara manusia.

Yang awalnya merapat ingin mendapat teman. Jadi bersaing karena ingin mendapat pengakuan.
Harta umat sedikit, dikelola dengan amanah. 
Harta umat banyak jadi ingin dikuasai karena tamak juga serakah.

Awalnya semangat beramal, seiring waktu merasa lelah dan akhirnya berhenti beramal. 
Awalnya berkumpul untuk kebaikan, jadi berkumpul menggunjingkan saudara seiman.

Itu semua adalah godaannya para pelaku kebaikan.

Jaga niat, dan tetap berjama'ah.
Jangan pernah beramal sholeh sendirian, karena syetan akan menggoda mereka yang terlepas dari barisan. Jangan membuka dapur sendirian kecuali ada orang lain yang mau menjadi kawan.
Jangan mengelola kebaikan jika diri tak punya guru yang bisa memberi teguran.
.
Pesan Indah dalam Kunci Menebar Kebaikan Berbagi dari Ustadz Andre Raditya 
Founder Nasi Jumat 
.
#NasihatUntukDiri #PelajaranRahmatBerkah #Hikmah #RezekiLevel9 #AndreRaditya #SiJum #NasiJumat #KomunitasBerbagiNasiJumat #SedekahNasiJumat #Bersedekah #Zakat #KebaikanBerbagi

Ingin rasanya saya tuliskan lebih banyak lagi, mungkin lain kesempatan Insya Allah akan saya tuliskan kisah Menebar Kebaikan Berbagi yang lebih indah lainnya bersama komunitas SiJum Indramayu seperti mengikuti jejak menebar kebaikan berbagi Zakat bersama.
Indahnya dalam Menebar Kebaikan Berbagi Bersama Komunitas SiJum Indonsia
“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”
Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kepercayaannya. Semoga kisah ini menjadikan Inspirasi untuk semuanya agar tetap Istiqomah dalam Menebar Kebaikan Berbagi, apapun rumahnya, indah berbagi Zakat bersama, maupun berbagi Sedekah bersama kami komunitas SiJum Indonesia. Karena semua yang kita Infaqan di jalan Allah, semuanya tidak akan pernah sia-sia. Semoga Allah membalas dengan rezeki yang berkah, melimpah dan makin manfaat untuk sesama. Aamiin Allohumma Aamiin. Jazakumuallahu Khairan Jaza. Wassalamu'alaikum.

Editor and Publishing By : Adiyanto, S.Pd
Relawan SiJum Indramayu
Silahkan Share di bawah 👇👇👇:

0 Response to "Indahnya dalam Menebar Kebaikan Berbagi | Bersama Komunitas SiJum Indonesia"

Post a Comment