Wanita-wanita Penghuni Syurga


IBUNDA 
AISYAH BINTI ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ RA
Wanita yang Paling Cerdas di Muka Bumi
(Karya Novel Ahmad Abdul Aziz Al-Hushain)

Bagian Pertama
Wanita-wanita Penghuni Syurga

Selamat datang di rumah amanahbilal.blogspot.com. Kali ini, BilalWeb membagi kisah Inspiratif untuk kita semua, terutama kaum hawa. Kisah kali ini yang ingin BilalWeb bagi adalah tentang kisah hidup Bunda Aisyah r.a. Istri Rasulullah Muhammad yang sangat dikasihinya. dan kisah ini masih dalam satu ruang yaitu Wanita-wanita Penghuni Syurga. Yuk kaka langsung saja simak Kisahnya di bawah ini 👇👇👇


Nasab Keturunannya

Adalah Aisyah binti Abdullah bin Abi Quhafah, Utsman bin ‘Amir bin Amr bin Kaab bin Saad bin Taim bin Murrah bin Kaab bin Luay. Bapaknya adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq, sahabat dan kekasih Rasulullah saw. Dialah lelaki pertama yang beriman kepadanya, dan ia pulalah orang pertama yang membenarkan peristiwa Isra’ dan Mi’raj yang dialami oleh Rasulullah saw, sehingga karenanya ia mendapat julukan Ash-Shiddiq.

Adapun ibunya, adalah Ummu Ruman binti ‘Amir bin Uwaimir bin Abdi Syam bin ‘Itab Al-Kinaniyah. Ia termasuk salah satu perempuan generasi pertama yang memeluk Islam di Mekah.
Aisyah ra berkata, “Aku hanya tahu bahwa kedua orang tuaku memiliki keimanan yang kuat.Rasulullah saw.sangat mencintai Abu Bakar Ash-Shiddiq.”

Rasulullah saw.berkata tentang Ummu Ruman, “Barangsiapa yang senang melihat perempuan yang bermata jeli seperti bidadari, hendaklah ia melihat Ummu Ruman.” (Usdul Ghabah, vol 6 hlm. 331. Thabaqatu Ibnu Saad, vol.8 hlm.277)

Rasulullah saw. juga pernah mengatakan tentang diri sahabatnya, Abu Bakar ra, “Seandainya aku boleh memilih khalil (artinya kekasih. Tetapi penggunaannya hanya untuk Allah swt) dari manusia, niscaya akan aku jadikan Abu Bakar sebagai khalil-ku. Namun, yang ada hanyalah ukhuwah (persaudaraan) dalam Islam.” (H.r.Muslim)

Aisyah ra. Memiliki banyak saudara, karena Abu Bakar ra, menikahi beberapa orang isteri dan dari masing-masing mereka memiliki anak keturunan. Mereka adalah :
  1. Ummu Ruman melahirkan Abdurrahman dan Aisyah;
  2. Fatilah binti Abdul Uzza, isteri pertamanya melahirkan Abdullah dan Asma’;
  3. Asma’ binti Umais, isteri ketiganya melahirkan Muhammad bin Abu Bakar;
  4. Dan Habibah binti Kharijah melahirkan Ummu Kultsum binti Abu Bakar.

Sementara Aisyah ra, ia dilahirkan empat tahun setelah masa kenabian. Semasa kecil, ia banyak bermain dan beraktivitas, juga memiliki kecerdasan yang tinggi.

Rasulullah saw. Melihat Sosok Aisyah dalam Mimpi

Sebelum Rasulullah saw. menikahi Ibunda Aisyah ra. Beliau pernah melihat dirinya dalam mimpi. Rasulullah saw, bercerita kepada Aisyah ra,”Aku pernah melihatmu dalam mimpi selama tiga malam berturut-turut. Malaikat datang menemuiku membawamu dalam sarung kain sutera berwarna putih.”Inilah isterimu,” katanya kepadaku. Aku menyingkap kain sutera yang menutup mukamu. Ternyata, ia dalah dirimu.”Jikalau mimpi ini berasal dari Allah, pasti akan terwujud,” kataku lirih. (H.r.Bukhori, Hadist ke-3895 dan 5078)

Imam Tirmidzi juga meriwayatkan bahwa Malaikat Jibri as, datang menemui Rasulullah saw, dengan membawa gambar Aisyah ra, yang terlukis diatas sehelai kain berwarna hijau. Kemudian ia berkata ,”Inilah isterimu didunia dan di akhirat.” (H.r.Tirmidzi. Lihat kitab Tuhfatul Ahwadzi, vol. 10 hlm. 378)

Perkawinan yang Penuh Berkah (bersambung...)




Sampai disini dulu ya kaka,  semoga bermanfaat. Aamiin. Tunggu Episode selanjutnya ya dalam Perkawinan Bunda Aisyah r.a. yang penuh berkah.

Jangan Lupa Likes, Follows and Comment as ! 👇👇👇


Silahkan Share di bawah 👇👇👇:

3 Responses to "Wanita-wanita Penghuni Syurga"