Cara Mudah Membuat Soal Daring Untuk Siswa Baik SD, SMP, SMA, SMK Maupun Sederajat Terbaru 2020

Cara Mudah Membuat Soal Daring Untuk Siswa Baik SD, SMP, SMA, SMK Maupun Sederajat Terbaru 2020
Cara Mudah Membuat Soal Daring Untuk Siswa Baik SD, SMP, SMA, SMK Maupun Sederajat Terbaru 2020
Sahabat Bilal Web | Proses belajar dari rumah merupakan kebijakan baru Kemdikbud di tengah mewabahnya Virus Covid-19 yang semakin meluas, dengan demikian guru tidak bertatap muka langsung dengan siswa dan proses dilakukan secara daring. Guru bisa menggunakan aplikasi online yang direkomendasikan kemedikbud untuk fasilitas belajar online ataupun bisa menggunakan via sosmed seperti WhatsApp. Beberpa dari anda mungkin sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan situs belajar online di rumah seperti Google classroom.

Baca Juga : Syarat Pengajuan NUPTK terbaru 2020 dan 10 Tips supaya cepat cetak NUPTKnya




Sahabat guru yang budiman, dengan adanya kegiatan belajar dari rumah ini tentunya akan memberikan pengalaman baru bagi guru, siswa dan orang tua siswa. Nah salah satu tugas yang bisa diberikan guru ke siswa selama home learning adalah latihan soal online. Guru bisa membuatnya secara mandiri melalui situs-situs penyedia yang ada di internet. Soal-soal online yang guru buat ini nantinya bisa digunakan untuk Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) bahkan untuk Penilaian Akhir semester (PAS I atau PAT). Tentunya dengan soal-soal online guru tidak perlu bertatap muka dengan siswa karena situasi yang kurang mendukung saat ini yang disebabkan oleh Covid-19.

Semua guru bisa membuat soal online dengan Google drive, quiz creator, quipper dan sebagainya. Tapi kali ini penulis akan memberikan tutorial mudah membuat soal online yang menggunakan jotform.com. Jika rekan-rekan guru tertarik dan ingin menambah pengetahuan baru, bisa mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah yang saya siapkan dibawah.

Yuk simak setiap Langkah-langkahnya dengan seksama !

  1. Pastikan anda sudah memiliki akun google gmail dan sudah login terlebih dahulu.
  2. Klik link berikut untuk mulai membuat soal online https://www.jotform com/
  3. Pada laman berikutnya arahkan kursor ke pojok kanan atas. kemudian pilih menu LOGIN dan pilih 'Login with Google.
  4. Klik tombol "Create a Form di laman selanjutnya kemudian klik 'Star From Scrath dan pilih "Classic Form".
  5. Klik tombol Add form Element karena kita akan membuat user dan pasword login siswa caranya klik FULL NAME, selanjutnya drag kesebelah kanan dibawah form heading untuk melakukan setting kilk tombol properties. Pada form Question Text isikan judul form, sedangkan pada Sublabels bisa diganti sesuai keinginan misal nama peserta dan NISN.
  6. Untuk memulai membuat soal, ulangi kermbali langkah kelima. Selanjutnya pilih menu TEXT dan DRAG ke kanan. Pada form yang tersedia mulailah membuat soal di dalam form yang tersedia soal juga bisa langsung copas dari file word yang sudah anda ketik.
  7. Klik tombol Add form Element Plih menu Long text entry untuk menempatkan Pihan Jawaban anda juga bisa menggunakan menu multiple choice.
  8. Untuk menambah soal baru, klik text "ADD NEW PAGE HERE" dan ulangi kembali seperti langkah keenam dan ketujuh seperti yang telan dituliskan.
  9. Setelah soal semuanya telah dibuat silahkan klik menu setting pada form setting pilih email kemudian anda bisa mengklik tombol + untuk menambah emaile supaya anda bisa memantau jawaban dari siswa.
  10. Klik menu publish pada DIRECT LINK OF YOUR FORM, Klik copy link dan bagikan link tersebut ke siswa agar siswa bisa mengerjakannya. Tambahan, bagi guru yang sudah mempunyai website atau blog bisa menggunakan menu Embed atau IFRAME untuk mengambil kode html dan tinggal di paste ke laman blog anda.
Baca Juga : Surat Edaran Dirjen Dikdasmen tentang Penggunaan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Berikut adalah langkah-langkah singkat dalam membuat soal online yang saya tuliskan diatas melalui mode visual sehingga akan lebih mudah dipahami :




Silahkan bisa melihat contoh yang sudah saya buat disini ULANGAN TEMA 9 Subtema 1 Kelas 6.
Sahabat guru yang budiman, sampai disini dulu Tutorial Membuat Soal Online yang bisa kami sampaikan, semoga bisa mempermudah dan bermanfaat bagi rekan-rekan guru semuanya, Aamiin. Jika dirasa postingan ini bermanfaat, silahkan share ke yang lainnya. Terima kasih.

Baca Juga : Buka Laporan Provinsi Tentang Status Penyaluran BOS Tahun 2020 Tahap 1 
Silahkan Share di bawah 👇👇👇:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Soal Daring Untuk Siswa Baik SD, SMP, SMA, SMK Maupun Sederajat Terbaru 2020"

Post a Comment