Inilah Penyebab Mengapa Penetapan NIP PPPK Lama dan Tak Bisa Secepat Kilat!

Inilah Penyebab Mengapa Penetapan NIP PPPK Lama dan Tak Bisa Secepat Kilat!

Inilah Penyebab Mengapa Penetapan NIP PPPK Lama | Sejak Perpres Nomor 98 tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) diundangkan pada 29 September yang lalu, sampai saat ini regulasi turunannya belum diterbitkan. Regulasi turunan berupa beberapa PerMenPAN-RB, Mendagri, MenKeu serta Peraturan Kepala BKN.

Baca Juga :

Beberapa aturan teknis itu menjadi syarat utama untuk pemberkasan NIP bagi 51.293 honorer K2 yang lulus PPPK hasil rekrutmen Februari 2019 lalu. Lamanya proses regulasi ini menimbulkan kegelisahan di kalangan honorer K2 yang lulus PPPK. Mereka waswas bila pemerintah sengaja mengulur-ulur waktu sehingga makin banyak honorer K2 yang masuk masa pensiun. Benarkah demikian? Plt. Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Teguh Widjinarko kepada JPNN.com, Kamis (15/10) membantah hal tersebut.

Dia menuturkan proses pengangkatan PPPK dari honorer K2 begitu rumit Pemerintah harus mencarikan berbagai solusi dalam penyusunan regulasi. Teguh menyebutkan, regulasi yang dibuat ini khusus PPPK dari honorer K2. Artinya, pemerintah lebih mengutamakan beberapa regulasi yang bisa mengakomodir 51.293 honorer K2 yang lulus PPPK 2019.

Inilah Penyebab Mengapa Penetapan NIP PPPK Lama dan Tak Bisa Secepat Kilat!

"Tidak segampang itu menyusun regulasinya. Sejak Perpres diundangkan, kami intens melakukan rapat membahas bagaimana agar 51 ribu lebih PPPK dari honorer K2 ini bisa masuk dalam formasi," jelasnya.

Sama halnya seperti rekrutmen CPNS, sejatinya prosedur penerimaan PPPK juga demikian. Dimulai dari usulan kebutuhan PPPK selama tiga tahun oleh instansi yang dilengkapi analisis kebutuhan dan jabatan. Kemudian penetapan formasi oleh MenPAN-RB (setelah ada persetujuan anggaran dari Menkeu). Setelah itu tahap seleksi PPPK. Namun, prosedur itu tidak berlaku untuk honorer K2 yang lulus seleksi PPPK 2019. Ini salah satunya yang membuat proses penyusunan regulasinya jadi panjang.

Sampai disini dulu informasi yang bisa kami sampaikan. Jika ingin tetap mendapatkan informasi terbaru seputar Informasi Dunia Pendidikan, silahkan pantau laman ini dengan cara mengikuti Fans Page kami di Sahabat Dikbud Update, atau Search di Facebook Grup Sahabat Dikbud Update. Semoga informasi ini dapat membantu. Terima kasih.


Sumber : jpnn.com
Silahkan Share di bawah 👇👇👇:

0 Response to "Inilah Penyebab Mengapa Penetapan NIP PPPK Lama dan Tak Bisa Secepat Kilat!"

Post a Comment