Juknis Lomba Menggambar, Artikel dan Video Pendek Untuk Guru dan Siswa SD Berhadiah Total 150 Juta!

Juknis Lomba Menggambar, Artikel dan Video Pendek Untuk Guru dan Siswa SD Berhadiah Total 150 Juta!
Juknis Lomba Menggambar, Artikel dan Video Pendek | Disrupsi teknologi di era modern saat ini memberikan pengaruh besar dan luas terhadap dunia pendidikan. Teknologi yang semakin berkembang, mampu memberikan solusi terhadap berbagai macam permasalahan terkait informasi dan komunikasi. Masyarakat yang semakin kompleks dan memiliki sifat yang serba instan menuntut pemerintah untuk mampu menjadi pelayan publik yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal ini sesuai dengan visi Indonesia yang tertuang dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 yakni memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Baca Juga :
Dalam kaitan dengan kewajiban di atas, kini pemerintah telah berupaya memberikan pelayanan terhadap masyarakat dengan mengutamakan kepuasan layanan. Pemerintah diharapkan mampu bekerja secara profesional dan transparan, dengan terus terhubung dan mengoptimalkan sistem informasi yang telah dimiliki oleh pemerintah, sebagai salah satu alat penghubung antara penerima layanan, yakni masyarakat, dengan pemberi layanan, yakni pemerintah. Agar layanan yang baik ini dapat terwujud, diperlukan adanya keterlibatan aktif dari masyarakat.

Tema yang diangkat dalam Program Bulan Kreativitas dan Internalisasi Pancasila di Sekolah Dasar (BAKTI PANCASILA SD) adalah Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Adaptasi Kebiasaan Baru. Setiap karya peserta akan dinilai seberapa banyak muatan butir Pancasila yang terkandung didalamnya. Muatan butir Pancasila yang dimaksud adalah (1) Ketuhanan yang Maha Esa; (2) Kemanusiaan yang adil dan beradab; (3) Persatuan Indonesia; (4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan; (5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

A. JENIS KARYA
a. Gambar
1) Gambar bercerita
Gambar bercerita adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar- gambar tidak bergerak dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita tentang “Kegiatanku di Masa Pandemi Covid-19”.
2) Cerita bergambar
Cerita bergambar adalah kisah yang diceritakan dengan gambar yang menerangkan teks tertulis tentang “Kegiatanku di Masa Pandemi Covid-19”.

b. Menulis Artikel
Artikel adalah sebuah esai yang lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dengan maksud untuk menyajikan ide-ide dan fakta-fakta tentang “Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Dunia Pendidikan”.

c. Video Pendek
Video merupakan serangkaian gambar yang bergerak, disertai suara yang membentuk satu kesatuan yang dirangkai menjadi alur. Pesan yang terkandung dalam video merupakan “Adaptasi Kebiasaan Baru” tentang kegiatan peserta didik sekolah dasar di rumah dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar serta tetap menerapkan protokol kesehatan. Misal peserta didik menyampaikan aktivitas yang dilakukan secara nyata memuat nilai-nilai positif untuk dirinya maupun orang lain.

Baca Juga : 
B. SYARAT DAN KETENTUAN
a. Kategori Karya Gambar
1) Kategori gambar bercerita untuk peserta didik kelas 1, 2, dan 3.
2) Kategori cerita bergambar untuk peserta didik kelas 4, 5, dan 6.

b. Persyaratan Peserta Karya Gambar
1) Peserta didik Sekolah Dasar baik negeri maupun swasta dibuktikan dengan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yang telah terdaftar di dapodik; dan
2) Peserta wajib mencantumkan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) Sekolah Dasar.

c. Kriteria Karya Gambar
1) Tema gambar yaitu “Kegiatanku di Masa Pandemi Covid-19”;
2) Gambar dibuat secara manual dan berwarna;
3) Ukuran kertas gambar yang digunakan: a) Kategori gambar bercerita dibuat pada kertas gambar A4; dan b) Kategori cerita bergambar dibuat pada kertas gambar A3.
4) Peserta hanya dapat mengirimkan 1 (satu) karya gambar dalam 1 (satu) halaman;
5) Karya gambar yang dikirimkan belum pernah diikutsertakan dalam kegiatan (event) serupa;
6) Gambar diunggah menggunakan akun media sosial milik orang tua/ wali peserta didik (instagram/twitter/facebook) dengan tagar #GAMBARBAKTIPANCASILASD2020;
7) 3 (tiga) karya terbaik dari setiap kategori hak penggunaannya diberikan eksklusif kepada panitia untuk keperluan pendidikan; dan
8) Gambar yang telah diserahkan kepada panitia dapat dipublikasikan untuk keperluan pendidikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan mencantumkan nama penciptanya.

d. Kriteria Penilaian Karya Gambar
Aspek penilaian karya gambar meliputi:
1) Ide (Kesesuaian tema dengan konsep);
2) Narasi (kesesuaian cerita dan gambar);
3) Kreatifitas (keunikan dan daya cipta); dan
4) Harmoni (komposisi bentuk dan warna).
5) Muatan butir Pancasila yang terkandung

Untuk lebih jelasnya silahkan bagi sahabat yang ingin mencoba dan bergabung dalam lomba tersebut, bisa langsung mengunduh filenya di bagian paling bawah.

KemenPan-RB|Tidak Mungkin 51 Ribu PPPK Hasil Seleksi Februari 2019 Pengangkatannya DISALIP CPNS Hasil Seleksi 2019!

Sampai disini dulu informasi yang bisa kami sampaikan. Jika ingin tetap mendapatkan informasi terbaru seputar Informasi Dunia Pendidikan, silahkan pantau laman ini dengan cara mengikuti Fans Page kami di Sahabat Dikbud Update, atau Search di Facebook Grup Sahabat Dikbud Update. Semoga informasi ini dapat membantu. Terima kasih.

⛔  Link Resmi untuk Pendaftaran : http://ditpsd.kemdikbud.go.id/baktipancasila/
⛔ Unduh Juknis Lomba Menggambar, Artikel dan Video Pendek Untuk Guru dan Siswa SD Berhadiah Total 150 Juta di bawah dengan mengklik kolom LEPAS!

Sumber : http://ditpsd.kemdikbud.go.id/baktipancasila/
Silahkan Share di bawah 👇👇👇:

0 Response to "Juknis Lomba Menggambar, Artikel dan Video Pendek Untuk Guru dan Siswa SD Berhadiah Total 150 Juta!"

Post a Comment